25.1 C
Jakarta
HomeKendaraan ListrikPajak Motor Listrik Viar Q1: Hemat dan Ramah Lingkungan

Pajak Motor Listrik Viar Q1: Hemat dan Ramah Lingkungan

Yo, anak Jaksel! Lagi cari info soal pajak motor listrik Viar Q1? Tenang, kita bahas tuntas di sini. Motor listrik lagi hits banget kan sekarang, selain ramah lingkungan, ternyata pajaknya juga ringan banget!

Viar Q1, salah satu motor listrik yang lagi banyak dilirik, punya pajak yang bersahabat banget. Yuk, kita kupas tuntas bareng-bareng!

Pajak Tahunan Motor Listrik Viar Q1

Pajak motor listrik viar q1

Motor listrik makin kece aja, termasuk Viar Q1 yang udah bisa ngegas di jalanan. Nah, buat lo yang mau punya Viar Q1, kudu tau dong pajak tahunannya biar kantong lo nggak nangis.

Pajak Tahunan Motor Listrik

Buat motor listrik, pajak tahunannya beda banget sama motor bensin. Motor listrik kena pajak yang namanya PKB (Pajak Kendaraan Bermotor) yang diitung berdasarkan Nilai Jual Kendaraan Bermotor (NJKB) yang udah ditetapkan pemerintah. Nah, NJKB Viar Q1 sekitar Rp 14 jutaan.

Cara Hitung Pajak Tahunan Viar Q1

Cara ngitung pajak tahunannya gini:

  1. PKB = NJKB x Tarif PKB
  2. Tarif PKB = 1,5%

Jadi, pajak tahunan Viar Q1 adalah:

PKB = Rp 14.000.000 x 1,5% = Rp 210.000

Murah banget kan dibanding motor bensin yang bisa sampe jutaan rupiah!

Biaya Lain

Selain PKB, ada juga biaya lain yang harus lo bayar, yaitu:

  • SWDKLLJ (Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan): sekitar Rp 35.000
  • Adm STNK (Administrasi Surat Tanda Nomor Kendaraan): sekitar Rp 100.000

Jadi, total biaya yang harus lo keluarkan buat pajak tahunan Viar Q1 sekitar Rp 345.000.

Insentif dan Subsidi Motor Listrik Viar Q1

Pajak motor listrik viar q1

Sobat Jaksel, kabar baik buat kalian yang mau go green! Pemerintah lagi ngasih subsidi buat pembelian motor listrik, termasuk Viar Q1 kece ini. Jadi, selain ramah lingkungan, dompet kalian juga bisa lebih adem, deh.

Cara Dapetin Subsidi, Pajak motor listrik viar q1

Syaratnya gampang banget, gaes. Cukup tunjukin KTP sama STNK motor listrik Viar Q1 kalian ke dealer resmi Viar. Nanti, dealer bakal ngurusin sisanya. Gampang kan?

Besaran Subsidi

Nah, buat besaran subsidinya, tenang aja. Pemerintah ngasih subsidi Rp 7 juta buat setiap pembelian motor listrik Viar Q1. Cukup gede, kan? Jadi, jangan lewatin kesempatan ini, ya!

Manfaat Subsidi

  • Menghemat biaya pembelian motor listrik.
  • Mengurangi emisi karbon, bikin udara Jakarta makin seger.
  • Dukung gaya hidup ramah lingkungan, keren banget!

Pajak Motor Listrik Viar Q1: Gak Ribet, Cus Gas!

Q1 viar listrik pln skuter kredit simulasi jfk ribu didukung charging stasiun sepeda

Buat lo yang mau beli motor listrik Viar Q1, jangan galau soal pajak. Eits, tapi jangan salah kaprah juga. Motor listrik emang gak ada emisi, tapi bukan berarti bebas pajak. Yuk, kita bahas tuntas pajak motor listrik Viar Q1 ini!

Oh ya, ngomongin motor listrik, Viar Q1 lumayan oke lho pajak tahunannya. Cuma Rp 230 ribuan aja. Eh, tapi tau nggak sih? Kalo nyari motor listrik yang paling murah, motor listrik paling murah itu dibanderol cuma Rp 15 jutaan aja.

Lumayan kan buat kantong anak muda kayak kita. Tapi balik lagi ke Viar Q1, pajak tahunannya yang murah jadi nilai plus banget tuh.

Biaya Pajak Tahunan

Pajak motor listrik Viar Q1 dihitung berdasarkan Nilai Jual Kendaraan Bermotor (NJKB) yang ditetapkan oleh pemerintah. Buat Viar Q1, NJKB-nya sekitar Rp10 jutaan. Nah, dari NJKB itu, lo bakal dikenain pajak kendaraan bermotor (PKB) sebesar 2% dan sumbangan wajib dana kecelakaan lalu lintas jalan (SWDKLLJ) sekitar Rp150 ribuan.

Cara Bayar Pajak

Bayar pajak motor listrik Viar Q1 bisa lo lakuin di kantor Samsat terdekat. Jangan lupa bawa surat-surat lengkap, kayak STNK, BPKB, dan KTP. Biasanya, lo bakal dapet keringanan pajak kalo bayar sebelum jatuh tempo.

Penutupan

Jadi, buat kamu yang mau berkontribusi buat lingkungan dan pengen hemat pengeluaran, Viar Q1 bisa jadi pilihan tepat. Pajaknya ringan, insentifnya banyak, dan pastinya ramah lingkungan. Gaskeun, tunggangi motor listrik sekarang!

Pertanyaan yang Sering Muncul

Apakah ada insentif untuk pembelian Viar Q1?

Ya, ada insentif berupa potongan pajak hingga 100% di beberapa daerah.

Bagaimana cara membayar pajak Viar Q1?

Bisa online melalui aplikasi Samsat Digital atau offline di kantor Samsat terdekat.

Apa konsekuensi keterlambatan pembayaran pajak?

Denda dan sanksi berupa biaya tambahan dan pencabutan STNK.

Stay Connected
16,985FansLike
2,458FollowersFollow
61,453SubscribersSubscribe
Berita Pilihan
Berita Terkait